Beberapa Tempat Bersejarah Mesir Kuno

Beberapa-Tempat-Bersejarah-Mesir-Kuno

bangunanbersejarahPeradaban Mesir kuno menyisakan berbagai tempat menarik dengan arsitektur yang megah dan kokoh. Selain Piramida Mesir, ada banyak tempat bersejarah yang memberikan pengalaman berbeda dengan kisah-kisah di baliknya.

Contohnya, pemerintahan Firaun dari masa ke masa dapat dilihat dari uniknya setiap bangunan. Sebagian besar arsitekturnya menambahkan patung-patung raksasa yang dibuat untuk menghormati dewa-dewa dan raja. Para arkeolog menjadikan bangunan ini sebagai sumber dalam mengulik sejarah Mesir kuno.

Nah, berikut adalah beberapa tempat bersejarah Mesir kuno yang memiliki arsitektur patung raksasa.

1. Kolossi Memnon

kolossi-memmon

Kolossi Memnon merupakan bangunan yang dibuat dari balok batu pasir kuarsit dengan berat 1000 ton. Bangunan ini terletak di selatan kota Luxor dan berdiri dengan tinggi delapan belas meter. Dua patung raksasa dibangun mewakili Firaun Amenhotep III. Kedua patung itu menandai pintu masuk ke kuil penguburan Amenhotep III.

Menurut Lonely Planet, pesona tempat wisata ini sudah dimulai sejak masa Graeco – Romawi. Saat matahari terbit dianggap sebagai keberuntungan jika mendengar siulan di patung utara. Mereka menganggap ini tangisan Memnon yang menyapa ibunya yaitu Dewi Fajar Eos.

2. Kuil Luxor

kuil-luxor

Kuil Luxor berada di sekitar sungai Nil yang dibangun dari batu pasir. Tempat ini berdiri di bekas Thebes dan ditujukan untuk menghormati dewa Amun.

Menurut World Atlas, kuil dibangun dengan waktu yang sangat lama, termasuk saat masa pemerintahan Ramesses II dan Amenhotep III. Dua patung raksasa menggambarkan pengaruh Ramses II yang begitu kuat. Pilon dibangun setinggi 24 meter dengan enam patung besar Ramses II.

Di luar pelataran kuil, dibangun Collonade Amenhotep III yaitu sebuah pintu masuk untuk kuil Amun. Pemandangan di sini lebih indah dinikmati saat senja dan relief patung terlihat lebih artistik saat malam hari.

3. Kuil Edfu

kuil-edfu

Kuil Edfu terletak di sebuah bukit dekat sungai Nil dengan dua menara raksasa setinggi 36 meter. Kuil ini didekasikan untuk menghormati dewa Horus. Di Mesir, kuil Edfu menjadi monumen keagamaan terbesar kedua dengan luas 140 meter. Patung Horus The Hawk terlihat berdiri dengan megahnya memperindah arsitektur kuil.

Relief pada kuil Edfu sangat membantu para arkeolog untuk menemukan pengetahuan sejarah mengenai Mesir kuno. Arsitektur dan seni terbaik periode Ptolemaic terlihat lebih kental menghiasi setiap sudut kuil Edfu.

Baca Juga : 5 Bangunan Yang Sudah Tua dan Bersejarah di Indonesia

4. Kuil Abu Simbel

Kuil Abu Simbel terletak di tepi danau Nasser, Mesir Selatan. Bangunan megah ini didirikan saat pemerintahan Firaun Ramses II untuk menghormati dewa Ptah, Amun, Hathor dan Ra-Horakhty. Patung Ramses raksasa setinggi 40 meter menepati bagian luar kuil agung.

Bagian dalam kuil menampilkan tiga aula setinggi 56 meter yang menambah kemegahan kuil. Saking kerennya, kuil Abu Simbel dilindungi oleh UNESCO dan dijadikan situs warisan dunia.

5. Sphinx Agung Giza

Sphinx Agung merupakan tempat yang cukup populer di kalangan wisatawan. Bangunan ini terletak di Giza dan dijadikan simbol kebanggaan Mesir yang megah. Menurut World Atlas, patung paling terkenal berbentuk singa dan kepala manusia dibangun untuk mewakili Firaun Khafre yang oleh sebagian orang dianggap lebih mirip Khufu.

Patung dibangun sekitar 2558 SM setinggi 20 meter dengan panjang 73 meter. Letaknya yang berdekatan dengan tiga piramida seakan berdiri kokoh melindungi bangunan tersebut. Sejak pertengahan tahun 1900-an, Sphinx terus mengalami renovasi karena bagian bangunannya mengalami kerusakan oleh cuaca ekstrem.

Mengunjungi bangunan di atas akan membantumu untuk memahami sejarah tentang Mesir. Nah, kamu tertarik mengunjungi yang mana?